PIAGGIO
Secara fisik, Skuter adalah jenis kendaraan bermotor roda
dua (2) dimana pengendara dimanjakan
dengan kontruksi kendaraan yang unik dan nyaman juga keamanannya dalam
mengendarai. Menurut Sejarah, Skuter dalam bahasa Italy adalah ” Tawon” hal ini
terobsesi dari bentuk atau skuter yang menyerupai Tawon. Skuter yang terlahir
dari negara Italy ini di produksi oleh Piaggio ini bermerkkan VESPA
Keberadaan Vespa di Indonesia ternyata bisa menyatukan
ratusan orang dan membuat mereka bersaudara atau lebih kerennya di sebut
BROTHERHOOD. Berawal dari saling bertukar informasi diantara penggemar-
penggemar vespa, hubungan ini kian erat dan akhirnya terjalin persaudaraan Yang
melahirkan Club atau Komunitas yang tidak menonjolkan ego individu, tetapi hal
ini lebih untuk membentuk persaudaraan dalam satu Komunitas guna mempererat
tali persaudaraan antara sesama penggemar vespa.
Bertolak ukur dari hal di atas tiada maksud dari saya untuk
menyombongkan diri, maksud dan tujuan saya tidak lain berbagi pengalaman dan
bertukar pikiran kepada rekan-rekan sekalian. Adapun kelebihan dan kekurangan
dari prologh ini Saya pribadi mohon dikoreksi, Karna pada dasarnya tidak ada
manusia di dunia ini yang sempurna.
PRINSIP DASAR KINERJA MESIN VESPA
Prisip dasar kinerja dari pada mesin vespa ini berbasis dua
tak atau dua langkah, langkah pertama adalah pembilasan serta percampurannya
antara bahan bakar dan udara yang sebelumnya sudah di atur dari karburator,
lalu langkah kedua proses penekanan bahan bakar keruang bakar sehingga
terjadilah ledakan dari percikan api busi dan bahan bakar yang berakibat adanya
dorongan seher yang memutar poros engkol dan kopling gir transmisi.
I. KARBURATOR
Sering kotor atau spuyer macet. Dalam masalah ini berdampak
langsung dengan laju motor, motor dalam melaju tersendat- sendat atau motor
sulit untuk hidup, terkadang
pula busi sering mati terlihat dari ujung kepala busi
isolatornya berwarna hitam yang mengakibatkan hilang nya percikan api di busi.
Solusi :
1. Bersihkan tangki bahan bakar dari kotoran dan karat.
2. Periksa selang bensin dari kerak yang menempel.
3. Bersihkan karburator menggunakan kompresor angin dan
periksa lubang spuyer jangan sampai ada kotoran yang tertinggal.
4. Periksa ukuran lubang spuyer, jangan sampai kebesaran
atau kekecilan. Bila terlalu besar motor akan boros bahan bakar dan berdampak
pada matinya busi. Ukuran standar pabrik dijadikan patokan untuk lubang spuyer.
5. Settingan atau penyetelan jarum ideal harus pas, caranya
dengan menyetel stasioner karbu pada stelan tertinggi, lalu putar jarum ideal
menggunakan obeng ke arah kanan setelah putaran habis, kendorkan kembali jarum
ke arah kiri perlahan-lahan sampai terdengar suara mesin di putaran tertinggi,
II. PENGAPIAN
Masalah lain sering terdapat dalam pengapian, masalahnya
akan terlihat pada laju motor atau susah starter motor, biasanya kendala
pengapian berada pada stelan platina yang tidak benar, bisa juga salah satu
perangkat pengapian seperti Busi, Koil, Platina, Kondensor, Spul pengapian ada
yang sudah tidak layak pakai atau mati.
Solusinya:
Langkah pertama periksa warna ujung busi, bila berwarna
hitam busi tidak akan memercikan api solusinya setel ulang ukuran spuyer pilot
jet dan main jet, bila ujung busi berwarna merah bata maka periksa ke bagian
pengapian yang lainnya. Koil yang layak pakai apabila kita konsletkan kabel
busi dengan jarak ke massa mesin kira kira 8 mm masih terjadi loncatan api
berwarna biru, bila tida berwarana biru di sini percikan atau laoncatan api
berwarna merah ini berarti stelan platina tidak benar atau si koilnya yang
memang sudah lemah, loncatan api dari koil dipengaruhi langsung oleh stelan
platina, Penyetelan platina yang benar adalah berjarak kerenggangan antara
konektor minus dan konektor plus nya kira-kira 0,5mm. dengan menggunakan obeng
min, perlu di ingat penyetelannya jangan di ketok karna hal akan mepersingkat
umur pakai platina karna entara konektor tidak lurus atau bengkok. Loncatan
yang terjadi pada platina juga berkaitan dengan kondisi kondensator, periksa
kondensator, apabila rusak ganti kondensor anda. Yang terakhir adalah cek spul
pengapian masih layak pakai atau harus diganti yang baru, tanda spul pengapian
rusak, biasanya kumparan spul lecet, gulungan spul kendor, spul putus.
III. Skuter tidak nyaman atau goyang
Dalam kondisi ini diluar dari pada mesin kecuali perangkat
penunjang dan stabizer getaran atau karet mesin, masalah ini menyangkut
kenyamannan kita dalam berkandara karna semua ini akan berdampak langsung dalam
SAFETY REEDING keselamatan kita terancam bila hal ini di biarkan.
Adapun
panenggulangnganya sbb:
cek kondisi kelayakan ban dan pelek, bila ban botak harus
ganti kondisi pelek pun harus stabil jangan ada speleng atau goyang Cek kondisi
as ayun masih layak pakai atau tidak, biasanya dalam kondisi ini pala babi
depan akan goyang apa bilia as ayun rusak, semua itu berdampak langsung pada
sistem kendali kendaraan anda, Cek lassan bodi pada titik tumpu seperti, DEK
MOTOR, TULANG BUAYA, LUBANG AS MESIN, TUMPUAN SOK BLAKANG, DLL. Bila terjadi
keropos pada bodi jangan biarkan hal itu berlarut karna akan berakibat
kerusakan bodi yang lebih fatal bahkan pernah terjadi motor tiba tiba patah.
Cek kondisi STABILIZER GETARAN atau karet-karet mesin dan shockbreaker juga
MOUNTING shock belakang, bila terlihat sudah usang atau rusak harus cepat-cepat
di ganti. Cek shockbreaker, apa bila shock breaker sudah lemah baik pernya atau
shock wajib untuk kita ganti, jangan lupa kondisi mur roda baik depan maupun
belakang dalam kondisi kencang dan terkunci paku pengunci. Jangan sekali kali
anda pertaruh kan nyawa anda hanya karena malas untuk memperbaikinya.
No comments:
Post a Comment